XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G dan Fiberisasi

0
5
XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G dan Fiberisasi

Bandung, JATIMMEDIA.COM – Pesatnya peningkatan trafik data dan juga berkembangnya pasar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, mendorong PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk menyiapkan berbagai rencana strategis guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan. Termasuk di dalam rencana tersebut adalah berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi seluruh jaringan, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, di tingkat regional, kami berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata memang terus meningkat di semua area dan bahkan secara nasional. Namun di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas.

“Untuk sebagian besar daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DI Yogyakarta dengan trafik yang cukup tinggi, karakter pelanggan sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima,” terangnya.

Penggunaan layanan Data di area Central di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, menurut Sofia, sampai saat ini terus mengalami peningkatan. Tercatat beberapa area mencapai peningkatan trafik penggunaan layanan data yang cukup signifikan, antara lain Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah yang meningkat sekitar 70%, Kota Banjar di Jawa Barat meningkat sekitar 63%, dan Kabupaten Gunungkidul di DIY yang turut mengalami peningkatan sekitar 47%. Sementara khusus layanan data 4G, trafik meningkat sekitar 43% di ketiga provinsi tersebut.

Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang mencapai lebih dari 72% di periode setahun terakhir. Pertumbuhan trafik data yang signifikan ini mayoritas didorong oleh layanan streaming dari beberapa platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

“Tren ini yang kemudian memacu XL Axiata untuk terus meningkatkan kualitas jaringan untuk mendukung layanan streaming,” tambahnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan adalah melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Masih menurut Sofia, fiberisasi jaringan ini merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G yang mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

“Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir,” jelas Sofia.

Di wilayah Jawa Tengah, fiberisasi jaringan telah terlaksana hampir semua area, baik kota-kota besar, kota sedang maupun kota kecil. Sementara untuk area Jawa Barat sendiri, fiberisasi telah terlaksana di semua kota dan kabupaten seperti Kabupaten Bandung, Purwakarta, Subang, Sumedang, Kota Tasikmalaya, Cimahi, dan Cirebon. Demikian pula untuk semua area di DI Yogyakarta seperti Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, Sleman, dan Yogyakarta.

Hingga kuartal ketiga 2019, total jumlah pelanggan di area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta mencapai lebih dari 18 juta atau 17% dari total pelanggan XL Axiata secara keseluruhan. Jumlah pelanggan datanya sekitar 68% dan pelanggan data 4G sekitar 50%. (JM01)