UNAIR dan ITS Ciptakan Robot Layanan Kesehatan untuk Bantu Tenaga Medis Tanggulangi Covid-19

0
17
UNAIR dan ITS Ciptakan Robot Layanan Kesehatan untuk Bantu Tenaga Medis Tanggulangi Covid-19

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Universitas Airlangga (Unair) sebagai lembaga yang ditunjuk untuk menangani wabah covid 19, telah membentuk Tim Satgas Pencegahan Corona dan melakukan berbagai upaya dengan cepat dan responsif dengan sejumlah aktivitas, termasuk diantaranya adalah penelitian, tes laboratorium, dan pelayanan kesehatan.

Salah satu pengembangan paling baru yang dilakukan adalah dengan membangun Robot yang nantinya akan membantu penanganan terkait Covid-19 ini. Hal ini seperti disampaikan Rektor Unair, Prof. Dr. Moh. Nasih SE., MT., Ak., CMA, yang menjelaskan bahwa Unair melakukan kolaborasi bersama dengan ITS dalam pembuatan robot yang bertujuan untuk pelayanan penanganan pasien.

“Hingga saat ini progresnya sangat bagus dan siap untuk diaplikasikan, tinggal proses penyempurnaan akhir saja yang insyaallah akan kita lakukan bersama-sama,” ujarnya, Rabu (1/4/2020).

Sementara dr. Niko Azhari Hidayat selaku dokter RSUA menambahkan, kerjasama pembuatan robot layanan kesehatan atau robot pro nakes (tenaga kesehatan) antara Unair dengan ITS ini bertujuan untuk mengirim obat, makanan, dan pakaian kepada pasien.

“Robot ini memiliki monitor yang bisa dilakukan komunikasi dua arah. Artinya hal ini untuk meringankan kinerja tim medis dan mengurangi kontak langsung dengan pasien serta mengurangi penggunaan APD,” terangnya, sambil menambahkan bahwa Robot ini juga dilengkapi monitor, atau handphone untuk mengkontrol.

Rencananya robot yang juga akan dilengkapi dengan desinfektan untuk pasien yang akan digunakan di RSKI ini, diperkirakan akan dilaunching sekitar satu hingga dua minggu kedepan. Demikian juga untuk ruangannyapun sedang dipersiapkan oleh pihak RSUA. (JM01)