Rotary Internasional Rayakah HUT Ke 115 Tahun, Ini Ceritanya…

0
23
Rotary Internasional Rayakah HUT Ke 115 Tahun

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Merayakan ulang tahunnya yang ke 115, Rotary Internasional terus konsisten dalam menjalankan tujuannya untuk bersama-sama membangun kesejahteraan dalam keberagaman budaya. Melalui Rotary Connects The World, Rotarian terus saling mengkoneksikan pelayanan dan memperkuat diri untuk menghubungkan dunia, dan saling bekerja sama antar fellow rotarian.

Komitmen untuk melayani sesama ini, terus dilakukan melalui berbagai projects dari Rotary, baik berupa projects activity maupun projects donasi.

DG Rotary District 3420 Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan, dalam merayakan peringatan 115 Anniversary Rotary Internasional kali ini, setiap area memang diberi kebebasan dalam merayakannya dengan cara mereka masing-masing.

“Dalam beberapa hari ini saya berkeliling ke berbagai wilayah di Indonesia (Distrik 3420, red) dan melihat banyak cara yang dilakukan para Rotarian di masing-masing wilayah, seperti di daerah Kudus  merayakannya dengan memberikan pengobatan gratis dan kegiatan gerakan masyarakat sehat. Di wilayah Semarang, mereka juga mengadakan kegiatan memberikan potong rambut gratis untuk anak-anak sekolah yang tidak mampu,” terangnya disela-sela acara 115th Anniversary Rotary Internasional, di Ballroom Hotel Java Paragon Surabaya, Selasa (25/2/2020)..

115th Anniversary Rotary Internasional di Surabaya bertema Aloha Rotary

Febri juga menambahkan, ketika mengunjungi daerah Sumba, Ia melihat bahwa Rotary disana merayakannya dengan mengadakan kegiatan untuk membuat proyek air bersih, sementara di Bali dirayakan dengan berdonasi melalui Charity.

“Di Surabaya sendiri, peringatan 115 Anniversary Rotary Internasional dilaksanakan dengan mengambil tema Aloha Rotary. Kebetulan bulan Juni nanti Rotary Convention Internasional seluruh negara akan berada di Hawaii. Jadi ini nuansa yang dibawa menuju ke sana,” terang Febri sambil menambahkan bahwa apapun cara yang dilakukan itu adalah salah satu bentuk perwujudan rasa syukur, rasa bahagia karena semua club selain mereka juga merayakan dengan velosif.

Melalui acara dengan tema Aloha Rotary ini, lanjut Febri, terlihat bagaimana guyub rukun dan bahagianya mereka semua. Apalagi menurut Febri, ketika kita ingin membahagiakan orang lain dan ketika kita ingin berbagi, maka kita harus bisa membahagiakan diri kita sendiri.

“Jadi secara internal, kegiatan semacam ini sangat bagus membina kerukunan dan kebersamaan satu sama lain. Terlepas dari jabatan dan terlepas dari posisi apapun, bersama-sama bermain dalam suasana yang menyenangkan,” tambahnya.

Dalam acara Aloha Rotary ini, selain berbagai permainan-permainan masa lalu seperti dakon, hulahop, joget kursi dan lainnya, juga ada permainan yang menggunakan sedikit berfikir tentang tema Rotary, maupun knowledge.

Meski merayakan dengan kegembiraan, menurut Febri, bukan berarti yang disini berpesta yang di tempat lain justru berprojek.

“Bukan begitu lho. Kita semua melakukan keseimbangan yang baik, karena kita harus ada balancing antara pleasure, kesenangan dengan human agre servis. Semua itu harus ada sebuah keseimbangan,” terangnya.

Febri juga menambahkan, bahagia dalam dirinya akan di-share dengan kebahagiaan orang lain supaya harmonisasi itu bisa diimbangi. Diantaranya ada Rotary area 5, 6, 7 di Jawa Timur ada di Surabaya, Sidoarjo, Malang Batu dan Madiun.

“Harapan saya dengan kegiatan semacam ini dan di usia yang ke 115 tahun Rotary Internasional bisa semakin banyak memberikan manfaat untuk masyarakat di Indonesia,” tambahnya.

Diakui Febri, memang saat ini di wilayah Indonesia banyak terjadi peristiwa-peristiwa alam. Dan Rotary juga tidak ketinggalan dengan ikut berpartisipasi dalam menanganinya. Seperti yang terjadi baru-baru ini dimana distrik 3420 baru saja memberikan donasi melalui distrik 3410 Jakarta, karena banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.

“Banyaknya kejadian ini memang cukup memprihatinkan bagi kami. Karena itu, dalam suasana bahagia ini, kami juga turut prihatin dan kami juga turut berbagi donasi dalam peringatan 115 tahun Rotary, untuk membantu sesama yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya, sambil berharap semoga Alam juga bisa lebih kondusif dan situasi menjadi lebih baik.

Rotary Peduli Regenerasi yang Berkelanjutan

Disisi lain, madam Diana dari Rotary juga menuturkan, di Rotary ini ada generasi muda yang dibina sejak awal dari usia SMP, yang dinamakan Intaract. Kemudian ada juga yang lebih dewasa yaitu Rotaract.

“jadi intinya sejak dini kami ingin menginspirasi anak-anak muda itu harus punya kepedulian terhadap lingkungan. Contohnya anak-anak muda itu melihat orang lain yang kesulitan atau ada yang butuh dibantu, kepekaan mereka kurang sehingga dengan seperti ini mereka mulai melihat dan belajar sejak dini,” tambah Diana.

Diana juga menjelaskan bagaimana bentukpbentu kepedulian dan kepekaan sosial itu harus dibina sejak dini. Dan bervelosif ini akan membangun networking dengan mereka bersama-sama. Dengan kita mereka bisa banyak kenal dengan networking yang baru dan networking itu adalah hal yang sangat bagus untuk masa depan.

Tanpa networking kita tidak bisa membuat sesuatu yang lebih besar. Tanpa networking kita tidak bisa mencapai dream atau mimpi dan tidak bisa membuat sebuah project ataupun sebuah harapan yang lebih besar.

“Maka dari itu, kita harus bergandengan tangan dengan berbagai pihak dan terima kasih untuk dukungan masyarakat di Jawa Timur, Media dan juga seluruh masyarakat yang selama ini sangat membantu Rotary mulai dari Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi bahkan Pemerintah Pusat,” pungkas Diana. (JM01)