Rahasia Dibalik Kelezatan Gulai Tambusu Khas Minang

0
4
Rahasia Dibalik Kelezatan Gulai Tambusu Khas Minang

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Nama Masakan Padang mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Dan tidak akan ada habisnya bila membicarakan mengenai masakan padang, karena selain jenisnya yang bermacam-macam, juga rasa yang otentik membuat makanan khas minang ini terkenal hingga seluruh nusantara, bahkan dunia.

Dikenalnya masakan khas Minang (tanah Minangkabau) ini, didorong oleh budaya merantau urang awak ke berbagai penjuru tanah air hingga ke banyak negara.

Sebagian besar orang ketika ditanya tentang masakan padang pasti akan menyebut rendang atau sate padang. Namun sebenarnya, selain rending dan sate, ada satu makanan yang tak kalah lezatnya yang patut dicoba apabila berkunjung ke tanah minang, yaitu Tambusu.

Gulai Tambusu Khas Minang

Meski jarang terdengar tetapi rasa yang dihasilkan dari masakan ini akan membuat lidah bergoyang. Gulai berkuah merah dengan campuran daun ruku-ruku ini membuat Tambusu memiliki rasa yang berbeda dibanding gulai di daerah lain.

Gulai tambusu merupakan makanan yang berasal dari usus sapi yang yang telah dibersihkan, kemudian diisi dengan olahan telur, tahu, dan lainnya yang juga dibumbui. Kemudian direbus hingga matang merata ke dalam. Setelah proses perebusan, usus hasil rebusan dipotong-potong pendek, lalu usus dimasak kembali ke dalam bahan gulai khusus Tambusu.

Ketersediaan gulai tambusu di pulau lain sangat jarang di temukan. Pengolahan gulai Tambusu yang tergolong panjang dan juga cukup rumit merupakan salah satu alasan pemilik restoran masakan padang jarang menyajikan Tambusu di kedai mereka. (jm01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here