Pesona Candi Penataran Blitar

0
7

Blitar, JATIMMEDIA.COM – Satu lagi objek wisata yang dimiliki Jawa Timur yaitu wisata candi yang berada di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasi candi ini tepatnya ada di kaki Gunung Kelud. Oleh karena itu hawa dan udara di candi ini sangat sejuk. Anda akan terbebas dari cuaca panas seperti di candi-candi lainnya.

Dan karena letaknya di desa Penataran maka candi itu disebut dengan Candi Penataran. Candi Penataran yang diketemukan pada tahun 1815 dan tidak ada yang mengenalnya sampai tahun 1850 ini, merupakan candi paling besar dan paling dirawat oleh pemerintah Jawa Timur.

Penemu kompleks candi ini adalah Letnan Gubernur Jendral pasukan Inggris yang menjajah Indonesia kala itu, Sir Thomas Stamford Raffles (yang juga menjadi penemu dari Bunga Bangkai yang ada di tempat wisata di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, red).

Candi Penataran

Sebenarnya sebelum berubah nama menjadi Candi Penataran nama candi ini adalah Candi Palah karena disebut dalam prasasti Palah. Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh raja bernama Syrenggra. Fungsi candi ini pada masa itu (tahun 1190-1200) digunakan sebagai tempat untuk pemujaan agar situasi bisa terkendali dan terhindar dari mara bahaya. Pasalnya saat itu Gunung Kelud sering meletus dan meresahkan warga yang ada di bawah Gunung Kelud tersebut.

Disini, wisatawan bisa menyaksikan altar utama, bangunan candi naga, candi angka tahun hingga petirtaan yang terletak di bagian belakang.

Yang menarik dari Candi Penataran adalah relief yang ada, karena ada beberapa cerita pada relief yang mengisahkan Anoman Obong, kehidupan zaman kerajaan, dan beberapa relief bergambar bangsa asing. Konon pada masa lalu, kerajaan di Nusantara telah menjalin kerja sama dengan bangsa asing seperti misalnya Amerika.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak diberlakukan biaya masuk. Wisatawan bisa memberikan donasi dan mengisi buku tamu.

Pada malam-malam purnama setiap 4 bulan sekali kerap diadakan pertunjukan seni di tengah candi dengan mendatangkan seniman dari pelosok negeri dan mancanegara. (jm01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here