Mengenal Perbedaan Gelato dan Es Krim

0
5
Mengenal Perbedaan Gelato dan Es Krim

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Sekarang banyak kita jumpai gerai-gerai yang menjual gelato di berbagai pusat perbelanjaan. Harga yang ditawarkan di tiap gerai pun bervariatif. Sama halnya dengan es krim, gelato dapat disajikan menggunakan cone atau cup. Satu cone/cup dapat berisi lebih dari 1 rasa gelato.

Meskipun gelato sudah lama dijual di Indonesia namun kebanyakan dari pembeli kurang bisa membedakan antara gelato dan es krim.

Untuk mengetahui apa itu gelato? Coba kita cari tahu dulu apa arti dari gelato. Gelato atau gelati adalah es krim khas dari negara Italia. Nama gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya “beku”. Gelato terbuat dari bahan utama seperti susu, krim, dan gula. Kemudian diberi tambahan variasi rasa mulai dari buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya.

Intip Perbedaan Gelato dan Es Krim

Teknik penyajian

Sekilas, gelato dan es krim disajikan dalam kondisi dingin, namun siapa sangka perbedaan suhu yang digunakan dalam penyajian gelato dan es krim itu berbeda. Proses pembekuan es krim menggunakan suhu yang lebih rendah mencapai minus 20 derajat celcius. Sedangkan, gelato hanya membutuhkan minus 10 derajat celcius.

Tekstur

Jika dirasakan gelato cenderung lebih padat daripada es krim, hal itu dikarenakan proses pengadukan pada keduanya. Pada gelato diaduk dengan kecepatan yang lebih lambat, sehingga hasil campuran menjadi lebih padat. Sedangkan pada es krim diaduk lebih cepat dan kuat, sehingga memiliki tekstur yang lebih halus daripada gelato. Selain itu juga terjadi peningkatan volume udara pada es krim, volume ini bertambah dari 25 sampai 90 persen. Itulah sebabnya es krim cenderung lebih mudah mencari ketimbang gelato.

Kandungan lemak

Dalam proses pembuatannya, es krim menggunakan lebih banyak lemak yang terkandung di dalam susu full cream yang digunakan, setidaknya 10 persen. Sedangkan gelato memiliki lebih sedikit lemak daripada es krim. Pasalnya, gelato menggunakan whole milk. Selain itu, kuning telur yang digunakan lebih sedikit daripada es krim.

Nah, sekarang anda tentu sudah bisa membedakan mana Es Krim dan mana Gelato. Semoga. (jm01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here