Lasik Bisa Menjadi Solusi Life Style dan Karir

0
9
Lasik Bisa Menjadi Solusi Life Style dan Karir

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Memiliki mata indah tanpa kacamata tentu menjadi dambaan hamper semua orang. Tetapi dengan semakin menjamurnya gadget, maka potensi orang harus menggunakan kacamata semakin meningkat pula.

Lalu bagaimana supaya kita bisa terbebas dari pemakaian kacamata ? Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalan tehnik LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis), sebagai sebuah tindakan operasi laser pada mata.

Lasik Bisa Menjadi Solusi Life Style dan Karir

Operasi ini dilakukan untuk melakukan pembenahan pada masalah penglihatan seperti kasus miopi (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat), dan astigmatisma (rabun silindris).

Marketing RS Mata Undaan Surabaya, Bugsu Arief mengatakan, hingga saat ini, tindakan Lasik masih cukup banyak dilakukan di kalangan masyarakat. Bahkan Lasik kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang.

“Lasik masih banyak dilakukan oleh masyarakat kita, baik untuk melepas ketergantungan dari kacamata untuk mendukung gaya hidup (life style) maupun untuk latarbelakang kebutuhan karir, seperti supaya lolos tes kesehatan mata,” terang Arief.

Namun demikian, masih menurut Arief, untuk melakukan operasi Lasik, ada syarat yang wajib dipenuhi, salah satunya adalah usia minimum 18 tahun (karena pada usia tersebut udah lewat dari masa pertumbuhan,red).

Masih menurut Arief, tindakan Lasik juga dibagi dua syarat, pertama, jika bertujuan untuk life style, ukuran kacamatanya harus stabil dalam 1 tahun terakhir karena jika belum stabil nanti setelah dilakukan operasi lasik akan bisa tumbuh lagi.

“Sementara syarat kedua, kalau tujuannya untuk karir biasanya kami sarankan untuk melakukan lasik 2 bulan sebelum tes kesehatan mata. Kenapa demikian? Karena itu waktu yang ideal karena jika terlalu lama melakukan lasik dari jadwal tes kesehatan takutnya tumbuh lagi, kalau terlalu pendek itu gak bagus karena ada persyaratan setelah operasi lasik seperti gak boleh kena air setelah satu minggu, gak boleh dipake berenang selama 1 bulan,” terang Arief.

Operasi Lasik diyakini bisa dilakukan untuk semua gangguan penglihatan kecuali jika terjadi kasus tertentu, misalnya ketika pasien udah lewat 37 tahun ke atas, ada kendala mata jauh dan dekat, itu yang bisa dilasik hanya yang jauh, dekatnya tetap dibantu dengan kacamata.

Sekedar informasi, terdapat tahap pre–Lasik (2-3 jam) sebelum masuk ke tahap proses operasi Lasik (2 mata sekitar 10–15 menit). (jm01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here