Komunitas Semprot Corona Bagi Sembako ke Warga yang Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

0
26
Komunitas Semprot Corona Bagi Sembako ke Warga yang Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Pandemi Covid-19 memang telah membuat banyak masyarakat mengalami kesusahan, khususnya masyarakat kelas menengah – bawah. Bukan saja mulai sulit dalam mencari nafkah karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetapi juga banyak perusahaan yang terkena dampak yang menyebabkan sebagian masyarakat harus tinggal dirumah dan bahkan sebagian di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kondisi masyarakat yang cukup memprihatinkan ini, membuat banyak pihak tergerak untuk ikut membantu meringankan beban hidup masyarakat terdampak Covid-19 melalui berbagai aksi sosial.

Salah satunya adalah Komunitas Semprot Corona yang didukung berbagai komunitas seperti Geng Gemes, Papa Youtube, Yayasan Sohibul Yatim Surabaya (YSYS) dan Banser Ansor Surabaya, yang melakukan aksi sosial bagi-bagi sembako ke masyarakat terdampak Covid-19 di Surabaya.

Komunitas Semprot Corona Bagi Sembako ke Warga Ambengan Selatan Karya, Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambak Sari Surabaya, Minggu (10/5/2020)

Taufan, selaku ketua pelaksana aksi social dari Komunitas Semprot Corona mengatakan, untuk kegiatan kali ini pihaknya membagikan 100 paket sembako yang terdiri dari Beras 1 ton, 100 minyak goreng (1liter), 100 sambal Botol, vitamin C, mie instan, masker dan handsanitizer, serta tambahan 100 pizza.

“Kami sengaja memilih membagikan sembako ke masyarakat di daerah Ambengan Selatan Karya, Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambak Sari Surabaya ini, karena penduduk sini khususnya di RW 5 yang memiliki sekitar 400KK ini relative sangat kecil sekali yang mendapat bantuan dari pemerintah kota Surabaya, karena kebanyakan mereka tidak ber-KTP Surabaya,” terang Taufan pada jatimmedia.com, Minggu (10/5/2020).

Taufan juga menjelaskan bahwa dari 400 KK yang ada di wilayah ini, hanya sekitar 10 persen yang memiliki KTP Surabaya, sehingga yang mendapat bantuan juga sangat sedikit. Padahal mereka kebanyakan sudah cukup lama hidup disini.

“Itu salah satu yang menjadi alasan kenapa Komunitas Semprot Corona melakukan aksi sosial disini,” lanjutnya.

Sementara Putra dari Geng Gemes menambahkan, selain alasan kondisi masyarakat yang banyak tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, juga di Ambengan Selatan Karya ini ada beberapa anak didik dari keluarga tidak mampu yang dibantu.

“Di kawasan ini ada beberapa anak didik dari keluarga tidak mampu yang memang kami bantu, karena itu kami juga ingin berbagi dengan masyarakat disini,” tambahnya.

Diketahui, Komunitas Semprot Corona sendiri sebelumnya telah beberapa kali melakukan aksi sosial dengan membagikan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19. Termasuk juga membagikan alat semprot sebanyak 60 set (termasuk disinfektan).

“Inti dari kegiatan kami adalah kami ingin menggugah masyarakat yang kebetulan memiliki lebih, untuk mau berbagi pada masyarakat yang membutuhkan. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini,” pungkas Taufik. (JM01)