Kemendag Minta Semua Dinas Perdagangan Pantau Bahan Pokok Ditengah Gejolak Wabah Covid-19

0
21
Kemendag Minta Semua Dinas Perdagangan Pantau Bahan Pokok Ditengah Gejolak Wabah Covid-19

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Di tengah gejolak akibat wabah Covid-19, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Suhanto, meminta dinas perdagangan tetap memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Kendati situasi tidak memungkinkan bersentuhan langsung, namun Suhanto menegaskan bahwa pemantauan harus dilakukan dengan disertai jaga jarak dengan orang sekitar. Dan pihaknya telah meminta dinas perdagangan di seluruh Indonesia mengambil langkah cepat untuk memantau ketersediaan bahan pokok.

“Kami mengimbau dan bekerja sama dengan seluruh dinas bidang perdagangan setiap hari. Dan pemantauan terhadap kebutuhan pokok dilakukan dengan sahati-hati mungkin,” ujar Suhanto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Suhanto juga mengaskan, nantinya pihaknya akan mendapat laporan dari hasil pemantauan tersebut setiap hari.

Sementara itu, lanjut Suhanto, apabila terjadi kekurangan bahan pokok di suatu daerah, maka pihaknya akan mengambil langkah-langkah dengan menghubungkan daerah tersebut dengan distributor pemasok bahan pokok ke wilayah tersebut.

Selain itu, Suhanto juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang di tengah wabah corona ini dengan tidak melakukan pembelian secara berlebihan. Ia menganjurkan masyarakat membeli bahan pokok sesuai kebutuhan saja, sebab pemerintah memastikan tetap akan memenuhi pasokan bagi masyarakat apabila terjadi kekurangan komoditi bahan kebutuhan pokok.

“Harapan kami dengan tidak melakukan pembelian berlebihan, akan tejadi keseimbangan demand dan suplai di masyarakat, baik di pasar maupun di ritel-ritel,” pungkasnya. (JM01)