Ingin Hidup Damai Dengan Covid-19, Perlu Bangun Imunitas Tubuh dengan Probiotik

0
13
Ingin Hidup Damai Dengan Covid-19, Perlu Bangun Imunitas Tubuh dengan Probiotik
Ingin Hidup Damai Dengan Covid-19, Perlu Bangun Imunitas Tubuh dengan Probiotik

Malang, JATIMMEDIA.COM – Menghadapi serangan virus Corona (Covid-19) harus memiliki daya tahan tubuh yang optimal, karena saat ini hanya imunitas tubuhlah yang mampu melawan Covid-19. Untuk itu, masyarakat harus terus membangun imunitas tubuh lebih baik lagi.

Menurut Direktur WHO, Covid-19 mungkin tidak akan pernah hilang dari muka bumi dan karenanya penduduk diseluruh dunia harus belajar untuk hidup damai dan berdampingan dengannya.

“Cara jitu untuk hidup berdamai dengan virus termasuk Covid-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun,” terang Presdir PT Agro Mitra AIimentare (AMA), Apt. Ge Recta Geson, S.Si., di pabrik PT Agro Mitra Alimentare, Malang, Rabu (3/6/2020).

Recta juga menjelaskan bahwa mikrobiota yang ada dalam saluran cerna (gut) akan menstimulasi sel Iimfatik pada usus untuk memproduksi 70-80% imun yang beredar dalam tubuh. Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam saluran cerna (gut).

Ingin Hidup Damai Dengan Covid-19, Perlu Bangun Imunitas Tubuh dengan Probiotik

“Pada gilirannya, imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ tubuh. Sehingga kita bisa terbindar dari segala macam penyakit,” jelas Recta.

Hal senada dikemukakan pula oleh Prof. Subijanto Marto Sudarmo selaku Guru Besar FK-Unair yang mengatakan, merawat mikroba baik, jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat.

“Merawat mikroba baik lebih penting daripada menghancurkan mikroba jahat. Kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia,” ujar pakar probiotik ini.

Prof. Subijanto juga mengatakan bahwa ada sekitar 1.100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia, hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia,

“Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, jadi sangat penting kita makan makanan atau minuman berfermentasi agar asupan probiotik kita tetap terjaga,” terang Prof. Subijanto.

Salah satu produk yang diklaim sangat cocok untuk membangun imunitas tubuh adalah PRO EM-1. Dimana menurut Recta, produk ini adalah imunomodulator pembangun imunitas tubuh yang memiliki kandungan probiotik multi strain, hidup, aktif, menguntungkan dan selaras dengan alam, untuk membentuk mikrobiota yang sehat dalam saluran cerna (gut).

”Sekitar 80% imun ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Nah, imun ini akan mengendalikan semua mikrobiota dalam organ lain dalam tubuh. Jadi kalau mikroba itu tidak ada yang dominan, semua dalam jumlah yang seimbang maka pasti tidak akan timbul penyakit,” katanya.

Probiotik dalam PRO EM-l, lanjut Recta, akan membentuk relasi simbiosis dengan mikroba alami, termasuk virus yang ada dalam saluran cerna, membentuk ekosistem yang lebih besar yaitu mikrobiota.

“Bisa dikatakan PRO EM-1 adalah imunomodulator,” jelas Recta.

PRO EM-l yang diproduksi oleh PT. Agra Mitra Alimentare (AMA) yang merupakan Perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia  (Badan POM RI) ini, untuk saat ini memiliki kapasitas produksI terpasang 125.000 botol per shift (waktu kerja dari jam 8 pagi – 4 sore). (JM01)