Google Umumkan Iklan YouTube Terpopuler di Indonesia Periode Januari–Juni 2020

0
2
Google Umumkan Iklan YouTube Terpopuler di Indonesia Periode Januari–Juni 2020

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Google mengumumkan 10 iklan YouTube terpopuler untuk semester pertama tahun 2020. Daftar in mencatatkan performa tinggi sebagai hasil dari pemanfaatan popularitas dan promosi.

Ishak Reza, creative lead Google Indonesia mengatakan, 20 tahun lalu, dibutuhkan waktu 12 detik untuk kita bisa memperhatikan dan memilih apa yang ingin kita tonton. Tapi sekarang hanya 3-5 detik.

“Oleh karena itu, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama dapat menghentikan penonton menekan tombol skip,” terangnya, Jumat (17/7/2020),

Berikut adalah tiga tips agar iklan bisa mencuri perhatian orang dalam tiga detik pertama:

  1. Ekspresi dari jarak dekat (close-up)
  2. Visual yang tidak biasa (misalnya: kucing yang bisa ngobrol, nyamuk raksasa)
  3. Musik upbeat atau audio unik

Perpaduan audio visual yang atraktif di tiga detik pertama dan unsur humor menjadi faktor pendukung dalam tingginya minat penonton untuk menyaksikan iklan-iklan semester pertama tahun ini.

Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience menjelaskan, di Traveloka Xperience, pengalaman (experience) adalah momen yang berharga dalam hidup manusia. Oleh karena itu, Traveloka senantiasa berupaya untuk  memberikan inspirasi dan solusi untuk menemukan ribuan pengalaman seru yang dapat dipesan dengan mudah dan nyaman hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka.

“Komitmen Traveloka dalam memperkaya pengalaman pengguna ini kemudian bersinergi dengan pengembangan ide kreatif berbasis data yang mengedepankan konsep kearifan lokal dan kolaborasi tim yang menyeluruh sehingga membuahkan hasil karya terbaik berupa iklan #XperienceMore with Traveloka Xperience,” ujarnya.

Sementara Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube. Penghargaan ini, lanjutnya, menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respon positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial.

“Iklan ini hadir sebagai wujud ide kami yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial,” tambahnya.

Sedang Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka mengatakan, pihaknya sangat senang iklan YouTube #BintangSMA 2019 Winner bisa menjadi Top 10 YouTube Ads di H1 2020. Ide Bintang SMA, lanjut Puspita, berasal dari bagaimana Pocari Sweat dapat menjadi relevan dan menginspirasi kaum muda untuk mencapai impiannya.

“Kami sangat terkejut bahwa iklan ini ditonton oleh lebih dari sepuluh juta penonton dan mendapat banyak tanggapan, beberapa dari mereka mengatakan terinspirasi oleh iklan dan kampanye kami,” pungkasnya (JM01)