GM dan Honda Berkolaborasi Ciptakan Mobil Listrik

0
18
GM dan Honda Berkolaborasi Ciptakan Mobil Listrik (General Motors and Honda News Photo)

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – General Motors dan Honda Motor Co akan berkolaborasi mengembangkan dua model mobil listrik sebagai upaya percepatan peta jalan elektrifikasi di pasar global.

Lewat kerja sama ini, GM dan Honda sepakat mengembangkan dua mobil listrik baru untuk Honda, yang didukung dengan platform serta penggunaan baterai Ultium dari GM. Mobil listrik Honda itu akan diproduksi di pabrikan GM di Amerika Serikat dan dipasarkan mulai 2024. Untuk tahap awal, penjualan berfokus di pasar Amerika Utara.

Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor Co, Rick Schostek mengatakan, kolaborasi tersebut akan menyatukan kekuatan kedua perusahaan guna meningkatkan efisiensi manufaktur.

“Kemitraan yang diperluas ini akan membuka kunci ekonomi, skala untuk mempercepat peta jalan elektrifikasi dan memajukan upaya industri terkemuka kami untuk mengurangi emisi gas rumah kaca,” ujarnya dikutip dari laman resmi GM, Minggu (5/4/2020).

Sementara Doug Parks, Wakil Presiden Eksekutif GM untuk Pengembangan Produk Global, Pembelian dan Rantai Pasokan, menjelaskan bahwa perjanjian itu dibangun berdasarkan kemitraan yang telah terjalin sebelumnya.

“Kami memiliki sejarah yang hebat dalam bekerja sama dengan Honda. Dan kolaborasi baru ini dibangun di atas hubungan kami seperti tujuan yang telah dipikirkan,” tuturnya.

Sebagai bagian dari perjanjian, Honda akan memasukan layanan keselamatan OnStar GM dan mengintegrasikannya dengan HondaLink di dua mobil listrik tersebut. Selain itu, Honda juga berencana menyediakan teknologi canggih bantuan pengemudi hands-free kepada GM. (JM01)