Dukung Phisycal Distancing, Kemenkominfo akan Gelar Ajang Cipta Gim Bertajuk Ayo Bikin Game di Rumah Aja

0
48
Dukung Phisycal Distancing, Kemenkominfo akan Gelar Ajang Cipta Gim Bertajuk Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar ajang cipta gim bertajuk Ayo Bikin Game di Rumah Aja melalui kerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Clevio Coder Camp, dan Garena.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, ajang dengan tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru” tersebut bertujuan membantu sosialisasi melawan dan meminimalisir pandemi virus corona (Covid-19) melalui video gim.

“Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19,” ujarnya melalui keterangan resminya, Minggu (29/3/2020).

Menurut Semuel, kompetisi tersebut juga ditargetkan untuk membentuk komunitas games maker di Indonesia. Dengan demikian generasi muda di Tanah Air akan diajak untuk membuat gim di rumah masing-masing.

Ajang ini terbagi dalam beberapa kategori, yakni Junior untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan.

Sementara itu, Wakil Ketua dari AGI, Adam Ardisasmita menambahkan, melalui upaya tersebut AGI dan pengembang gim Indonesia lain berkeinginan memberikan kontribusi dalam membantu menjaga Indonesia dengan membuat gim untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona.

“Semua aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan. Hasil game akan dapat membantu sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat guna meminimalisir penyebaran Covid-19,” ujar Adam. (JM01)