Dukung Kebijakan Social Distancing, BPJS Kesehatan Surabaya Luncurkan Layanan Virtual Work From Home

0
33
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Guna mendukung kebijakan Social Distancing sehubungan dengan banyaknya warga Surabaya yang menjadi korban wabah virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur, BPJS Kesehatan Surabaya meluncurkan layanan khusus untuk peserta JKN-KIS di Surabaya yang dinamai Virtual Office From Home via Telegram dengan nomor 0857 8483 3213 yang berlaku di jam kerja, yakni hari Senin–Jumat dan berlaku pukul 08.00-15.00.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja mengatakan, dengan merebaknya wabah virus Covid-19 ini memaksa banyak pelayanan publik telah melakukan pembatasan jam operasionalnya, beberapa mengalihkan sistem pelayanannya menjadi daring (online).

“Pada layanan Virtual Office From Home via Telegram milik kami ini, terkait layanannya ada hampir seluruh fitur-fitur jenis layanan bisa diakses. Namun layanan ini hanya berlaku selama periode darurat corona di Surabaya, jadi setelah wabahnya nanti berakhir layanan ini juga pasti berakhir pula,” ujar Herman, ketika ditemui dikantor BPJS Kesehatan Canag Surabaya, Kamis (2/4/2020).

Sebelum ini, lanjut Herman, BPJS Kesehatan meluncurkan layanan daring yang dapat diakses untuk seluruh wilayah Indonesia melalui dua layanan online yang super canggih dan praktis yakni CHIKA (Chat Assistant JKN) dan VIKA (Voice Interactive JKN).

“Saat ini kantor BPJS Kesehatan Surabaya telah melakukan pembatasan jam operasionalnya, meski begitu masyarakat atau warga Surabaya tak perlu khawatir sebab kini telah ada dua layanan komunikasi yang dapat menjawab pertanyaan dan keluhan dari masyarakat terkait program JKN, yakni CHIKA dan VIKA yang dapat diakses 24 jam nonstop,” terang Herman.

Dijelaskan Herman, CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Pada CHIKA, cara kerjanya dengan memanfatkan media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Telegram, dan Massenger Facebook, sehingga kini peserta JKN-KIS dapat mengajukan informasi dan pengaduan telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.

“Melalui CHIKA ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial WhatsApp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot),” ujarnya.

Sementara VIKA, Herman menjelaskan bahwa ini merupakan pelayanan informasi melalui mesin penjawab untuk mengecek status tagihan maupun mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait program JKN-KIS.

“VIKA ini sama dengan call center yang sudah ada. Masyarakat bisa menelepon ke nomor 1500 400 dan akan dijawab petugas kami langsung,” tutur Herman.

Sehubungan dengan layanan khusus dan dua layanan online dari BPJS Kesehatan, Usman seorang warga kecamatan Kenjeran Surabaya mengaku telah sangat terbantu.

“Mudah, cepat dan saya tidak perlu khawatir untuk keluar dari rumah demi mengurus keperluan di BPJS Kesehatan, chatting saja, selesai semua yang saya butuhkan,” tutup Usman. (JM01)