Blue Fire Kawah Ijen

0
12
Blue Fire Kawah Ijen

Surabaya, JATIMMEDIA.COM – Bagi masyarakat Jawa Timur, nama Kawah Ijen mungkin bukan nama yang asing. Kawah Ijen yang diperkirakan merupakan kawah asam terbesar di dunia ini, memiliki tinggi kaldera mencapai 500 meter dengan luas kawah hingga 5.466 hektare.

Keindahan yang muncul dari perpaduan sinar matahari dan kawah sulfur berwarna hijau toska mampu menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Bahkan Anda juga bisa melihat fenomena unik blue fire atau api yang berwarna biru di sekitar kawasan ini, yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia. Meskipun blue fire hanya bisa dilihat pada dini hari antara pukul 2 hingga 4 pagi.

Blue Fire Kawah Ijen

Bahkan Kawah Ijen telah berhasil menjadi ikon dari Jawa Timur yang ketenarannya tidak kalah dengan Bali.

Untuk mencapai Kawah Ijen yang terletak di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen ini, Anda bisa berkendara atau menyewa jip menuju pos Paltuding. Harga tiket untuk masuk ke kawasan Kawah Ijen hanya Rp 5.000 di hari biasa dan Rp7.500 di hari libur.

Di sini, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para penambang belerang yang berlalu-lalang dengan membawa beban berat di pundaknya.

Tapi jangan lupa menggunakan masker, karena bau uap belerang cukup menyengat! (jm01)