Bank OCBC NISP Dirikan OCBC NISP Ventura

0
21
Bank OCBC NISP Dirikan OCBC NISP Ventura

Jakarta, JATIMMEDIA.COM – Sejalan dengan strategi “Beyond Banking” guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, Bank OCBC NISP resmi meluncurkan anak perusahaan yang bergerak dibidang modal ventura, yaitu OCBC NISP Ventura.

OCBC NISP Ventura telah mendapatkan izin operasional berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. S-114/NB.111/2020 tanggal 10 Januari 2020. OCBC NISP Ventura akan fokus untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia dengan memanfaatkan sinergi antara sektor perbankan dengan perusahaan start-up dan UMKM di Indonesia.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menjelaskan, tantangan disrupsi digital terus menginspirasi pihaknya untuk menjalankan strategi Beyond Banking, yang berbertujuan untuk menciptakan ekosistem digital yang dapat menggerakkan transformasi sektor perbankan, dengan harapan mampu mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Kehadiran OCBC NISP Ventura sebagai bagian dari strategi Beyond Banking ini diharapkan dapat menciptakan nilai transformatif dengan memaksimalkan potensi kewirausahaan dan start-up di Indonesia,” ujarnya sambil menambahkan bahwa OCBC NISP Ventura didirikan dengan modal dasar sebesar Rp 400 Miliar dengan kepemilikan Bank OCBC NISP sebesar 99,9 %.

Melalui OCBC NISP Ventura, lanjut Parwati, Bank OCBC NISP membuka sinergi dan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan start-up. Dimana Investee akan mendapatkan akses terhadap jaringan nasabah dan cabang, serta pengetahuan dan keahlian di bidang industri keuangan dari Bank OCBC NISP yang telah beroperasi lebih dari 78 tahun, melayani kebutuhan perbankan masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional dan pengembangan para start-up dan UMKM, khususnya dalam hal pengelolaan keuangannya,” tambah Parwati.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Bank OCBC NISP telah menunjuk Darryl Ratulangi sebagai Managing Director yang akan bertanggung jawab untuk mengemban visi dan misi OCBC NISP Ventura.

Dalam kesempatan itu, Darryl menyebutkan bahwa OCBC NISP Ventura hadir untuk memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia melalui pemberdayaan UMKM dan investasi di perusahaan rintisan (start-up) berbasis teknologi.

“Lebih dari pendanaan, OCBC NISP Ventura juga berkomitmen memberikan program inkubasi dan kemitraan untuk menggabungkan kelincahan dari perusahaan start-up dengan network perbankan yang luas,” ujar Darryl.

Didukung oleh tim yang memiliki pengalaman panjang dan berkomitmen untuk menciptakan nilai transformatif (value creation), OCBC NISP Ventura fokus pada founder/entrepreneur yang memiliki komitmen untuk berkontribusi di dalam ekosistem digital Indonesia.

Saat ini, OCBC NISP Ventura bertujuan untuk memberikan pendanaan awal sampai Series A untuk start-up yang bergerak di industri pembiayaan bisnis, property, fintech, logistic, media, kesehatan, pendidikan, data analytics, ecommerce dan on-demand.

“Kami akan bekerja sama dengan para entrepreneur untuk mewujudkan aspirasinya, menjawab tantangan serta memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu, kami mengundang para founder untuk mengirimkan proposal bisnisnya ke email investment@ocbcnispventura.com,” tutup Darryl. (JM01)